Pribadi

Penting: Class Action Atas Nama Pengguna Layanan Seluler

Posted on: 16 April 2008

Maka Kuasa hukum Para Penggugat: Lukman Arifin, S.H. dan Rochjantono Soe’oed, S.H., para Advokat pada Law Office Arifin & Associates beralamat dan berkantor di Jalan Raden Saleh No. 45, Jakarta Pusat, berdasarkan penetapan Majelis Hakim dalam persidangan awal pada tanggal 25 Februari 2008, dengan ini memberitahukan kepada seluruh komsumen/pengguna jasa layanan bergerak seluler dengan operator Telkomsel, Indosat dan Excelcomindo di seluruh wilayah Indonesia sebagai berikut:

  1. Bahwa gugatan tersebut adalah mengenai tuntutan ganti kerugian atas Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan oleh operator seluler terhadap konsumennya.
  2. bahwa oleh karena gugatan tersebut diajukan berdasarkan tata cara gugatan perwakilan kelompok (class action) maka dalam gugatan ini yang bertindak sebagai Wakil Kelompok berjumlah 9 orang yang terdiri dari : Nurmansyah, Oki Jaki Yamami, Adia Harlita Asmara, Muhamad Fahmy Ariandanda, Andri Afriandanda, Nindyo Budi Wicaksono, Dewi Catherine, Dendy Oktaviandanda, Andrawan, selain bertindak atas nama sendiri juga bertindak mewakili kepentingan seluruh Anggota Kelompok yaitu kelompok konsumen pelanggan kartu Simpati Telkomsel, Mentari Indosat, As Telkomsel, IM3 Indosat, Halo Telkomsel, Matrix Indosat, XL Jempol, XL Explore, XL Bebas.
  3. Bahwa apabila saudara berkeinginan untuk bergabung dan mengikatkan diri sebagai Penggugat dalam gugatan ini maka Saudara tidak perlu membuat pernyataan tertulis apapun (cukup berdiam diri) dan putusan yang akan diberikan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang akan berlaku serta mengikat Saudara.
  4. Bahwa apabila Saudara tergolong sebagai anggota kelompok dan tidak ingin bergabung dan terikat dengan gugatan dan putusan dimaksud sebagaimana No. 3 di atas saudara dapat mengirimkan pernyataan keluar (opt out) sebagaimana formulir yang terlampir dalam Pemberitahuan ini, atau mengisi formulir yang tersedia di Kepaniteraan Pengadilan Tinggi Tangerang di Jalan Taman Pahlawan Taruna Tangerang.
  5. Bahwa apabila Saudara dalam jangka waktu sejak Pemberitahuan ini hingga tanggal 21 April 2008 tidak memberikan pernyataan keluar (opt out) secara tertulis sebagai anggota kelompok maka Saudara terikat serta tunduk pada Putusan Majelis Hakim dalam perkara ini.

Merupakan penggalan dari berita koran harian Bisnis Indonesia tanggal 25 Maret 2008, hasil scanning dapat diambil di box.net saya.

Apakah yang menarik dari Pemberitahuan ini?

Ternyata dari class action ini saya mulai mengerti bahwa sebuah class action dapat dilakukan dengan cara mewakili sebuah kelompok. Yang membuat saya terkejut adalah mekanisme klaim anggota kelompok tersebut. Berbeda dengan metode petisi yang biasa beredar di online, bahwa sebuah gugatan kelompok diajukan dengan tanda tangan dari pihak-pihak yang menggugat pada sebuah pernyataan petisi. Namun class action ini berbeda, justru yang harus menandatangani sebuah pernyataan adalah pihak yang tidak ingin masuk dalam keanggotaan.

Saya bisa saja melakukan class action kepada pemerintah mengatasnamakan seluruh pengguna jalan di Indonesia kepada Pemerintah terhadap dirugikannya keadaan jalan raya. Bagi mereka yang tidak ingin ikut dalam class action ini silahkan kirim surat pernyataan keluar.

Bukankah ini sangat aneh. Semua orang dimungkinkan bisa mewakili berbagai macam kelompok jika menggunakan cara ini.

Untuk itu, teman-teman yang kebetulan mampir pada blog ini dan juga kebetulan pengguna layanan seluler, tolonglah mengisi formulir pernyataan keluar dari anggota kelompok. Karena:

  1. Class action ini mengklaim teman-teman sebagai anggota secara otomatis.
  2. Class action ini mengatasnamakan teman-teman.
  3. Class action ini sangat jelas akan menguntungkan pihak yang mewakili (9 orang tersebut) dengan ganti rugi tersebut dengan melibatkan teman-teman.
  4. Class action ini melibatkan teman-teman tanpa memberitahukan apa class action yang mereka gugat.

Mohon bantuan dari teman-teman. Jika ingin berpartisipas, formulir yang telah diis dan ditandatangani dapa langsung dikirm ke alamat kuasa hukum tersebut sesuai yang tercantum di PDF, atau kirim ke alamat berikut (atau bisa berupa fax ke email saya pribadi[at]fhyndra[dot]com):

Sekretariat Sepakat
wisma muliat lt. 18
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.42
Jakarta 12710
(021) 5240811/ ext.11890

4 Tanggapan to "Penting: Class Action Atas Nama Pengguna Layanan Seluler"

Berarti kalo gugatannya menang…yang dapet duit ganti rugi hanya ke sembilan orang itu..wuaahh mengatasnamakan orang banyak untuk mendapatkan keuntungan pribadi..weleh weleh..

Gimana yang ga tau pemberitahuan itu? Btw kok hanya koran Bisnis Indonesia yang ga di jual bebas, yang cuma buat kalangan tertentu..
Aneh!! Ga bisa dibiarin niih…

ini ada rame-rame apa lagi ?
Ada-ada aja “9 orang-orang pemalas Indonesia”ini,daripada bikin ulah kenapa gak cari kerja yang bener.

TUNGGU GUGATAN GUE DI AKHERAT yg kaga ikhlas disalahgunakan ama mereka…

Setau gue, pada saat pembahasan masalah ini di tv, nanti kalo sampe 9 orang itu menang, uangnya mau dibagikan kepada seluruh pengguna seluler Indosat, Telkomsel dan XL. Cuma cara baginya itu yang gue belom jelas gimana… Ntar kalo udah ada yang tau, di follow up lagi ya…
Trus, kalo kata dosen gue dulu, yang namanya class action memang gak bisa lama2, mungkin itu alasannya kenapa yang mau keluar yang ngajuin, soalnya kalo gak, kan butuh lama dan banyak tuh yang ngirimin surat…
Kalo masalah penerbitan koran, gue sempet liat di beberapa koran juga sih, cuma memang gak besar seperti suara pembaruan or kompas… mahal kaliii…
Menurut gue sih, gak apa2 mereka ‘usaha’, ntar kalo ampe sukses, kan lumayan, gue gak ikutan capek, tapi ikutan nge-klaim… hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Categories

Archives

My Bookmarks

%d blogger menyukai ini: