Pribadi

Apple dengan iPhone dan Google dengan gPhone?

Posted on: 13 November 2007

Handphone pertama gua adalah Nokia 3330. Saat itu merupakan handphone paling top dan keren. Bahkan dinobatkan sebagai handphone sejuta umat. Hingga akhirnya saya berganti ke Sony Ericsson T610. Alasan gua memilih T610 adalah karena saat itu T610 merupakan satu-satunya yang bentuknya mini, simple, keypadnya enak dan ada kameranya. Pokoknya mantap deh. Hingga terpaksa mengganti dengan Nokia N73 yang secara fitur seh oke banget, tapi ini masalah fisik. So gua berganti ke Nokia E61i. Sampai saat ini gua pakai. Selain karena keypadnya yang QWERTY, juga menggunakan OS Symbian S60 3rd Edition.

Yang menarik dari Nokia menurut gua bukan karena bentuk produk handphonenya. Melainkan system yang menjalankan handphone tersebut. Itulah alasan mengapa model bisnis pada Sony Ericsson mengadopsi OS Symbian dengan nama OS Symbian UIQ. Kenapa system ini sangat populer? Berikut beberapa alasan yang kepikir ama gua:

  1. Developer friendly, Nokia memberikan API ke publik untuk membuat aplikasi di atas sytem Symbian ini.
  2. Desain yang cantik, Nokia memperbolehkan penggunakan mengubah-ubah bentuk tampilan dari sistem handphone mereka.
  3. Friendly User Interaction (UI), mekanisme interaksi dengan pengguna sesuai dengan kebutuhan user alias ga neko-neko.

Namun menurut gua, sama seperti halnya Facebook menjadi besar seperti sekarang ini adalah alasan pada nomor 1 di atas. Dengan memudahkannya para developer untuk membangun aplikasi pihak ketiga, maka mempelancar penetrasi sistem Symbian ke pengguna. Dan ini merupakan kelemahan terbesar iPhone.

iPhone menurut gua menjadi heboh seperti sekarang ini karena didukung oleh para fanatik Apple. Kecuali sisi teknologi multi touchscreen dan desain fisiknya yang cantik, secara overall menurut gua kurang. desain fisik yang cantik pun suatu saat akan ketinggalan jaman juga. Namun, sebagai pemilik jempol besar, teknologi multi touchscreen merupakan teknologi yang luar biasa. Karena ukuran keypad tidak lagi tergantung pada bentuk fisik handphone. Thumb up for iPhone.

gPhone atau Google Phone yang saat ini sedang heboh dirumorkan. Akhirnya mulai menampakkan bentuknya. Banyak spekulasi mengenai bentuk Google phone tersebut. Dari yang model layar lipat hingga hologram. Semua berorientasi kearah kecanggihan bentuk fisik. Namun kita semua lupa, Google menjai besar karena produk mereka adalah layanan. Maka tidaklah mengejutkan seandainya gPhone yang dimaksud juga merupakan sebuah layanan, bukan sebuah bentuk handphone seperti Apple dengan iPhone-nya.

Namun sekali lagi Google membantah bahwa mereka tidak berencana membuat gPhone, namun mereka memperkenalkan sebuah sistem baru untuk handphone yang bernama Android. Merupakan hasil kolaborasi dari OHA dan bersifat open platform. Artinya sistem ini open source dan dapat digunakan oleh siapa pun.

Tahukah kamu arti dari open platform ini? Artinya kalo kita punya desain hardware sebuah handphone, maka tinggal dimasukkan saja sistem ini kedalamnya (sesuai dengan standard sistem tersebut tentunya). Dan karena sistemnya yang terbuka, para developer diperbolehkan membuat aplikasi di atasnya. Dan Google menantang kita semua dengan menghadiahkan 10 juta Dollar bagi yang berhasil membuat aplikasi paling mantap di Android. Google memang membantah bahwa gPhone memang tidak ada, namun mereka menyatakan secara explisit bahwa dengan sistem ini maka akan terbuatnya banyak gPhone.

Coba deh tonton video di atas yang menjelaskan secara singkat mengenai fitur standar dari sistem Android.

OpenMoko, bagaimana kabarmu kini?

6 Tanggapan to "Apple dengan iPhone dan Google dengan gPhone?"

I think it will be great! Entah kenapa Google product serasa punya ‘visi’ sendiri yang seringkali menarik. We’ll see..

Ditunggu aja deh kabar selanjutnya!πŸ˜€

OS Symbian version UIQ merupakan versi Symbian untuk HP Touchscreen dan setahuku Nokia tidak pernah menggunakan OS ini untuk Hpnya termasuk seri E90 kecuali Nokia daun yang dulu , seri UIQ banyak dipakai oleh HP SE yang touchscreen dan Motorola

great music site for the iphone: http://seeqpod.net/iphone you can also build a playlist on the main site http://www.seeqpod.net and it shows up on the iphone instantly

@jokotingkir
Nokia 6708 jg menggunakan platform uiq.. sayang versiny udah jadul.πŸ˜€

dan setelah 6 tahun google lah yang sukses dengan gPhone nya #jelly bean user dari masa depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Categories

Archives

My Bookmarks

%d blogger menyukai ini: