Pribadi

Budaya Jin dan Sebangsanya

Posted on: 12 Juli 2007

Pernahkah menemui sebuah acara atau buku yang menjelaskan bahwa mereka telah melakukan dialog dengan jin. Manusia melakukan dialog dengan jin. Terus terang, gua pernah lihat hanya saja tidak mencari tahu lebih jauh. Karena hal seperti itu bukan lah sesuatu yang hebat menurut gua, dan tidak berguna.

Seandainya memang benar bahwa mereka yang mengklaim telah berdialog dengan jin, secara langsung telah berkomunikasi dengan mereka. Ada sebuah hal menarik mengenai hal ini, mengenai dialog dan komunikasi dengan jin: bahasa.

Gua pernah nonton salah satu reality show mengenai uji nyala. Di sana sempat terjadi fenomena kesurupan oleh jin, setan atau sebangsanya. Orang yang kesurupan tersebut berteriak-teriak dengan menggunakan bahasa Jawa. Dalam beberapa film pun ditemukan banyak fenomena mengenai orang yang kesurupan berbicara dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh kita.

Dalam hal ini, seandainya mereka bisa berdialog dan menggunakan salah satu bahasa yang kita kenal, artinya mereka telah memiliki sebuah budaya yang tidak jauh berbeda dengan kita. Karena bahasa adalah hasil dari sebuah kebudayaan. Dan kalo gua pake postulat gua sendiri yang mengatakan bahwa dua budaya yang memiliki kemiripan dalam bahasa maka memiliki kesamaan pula dengan pola hidup serta hal-hal yang mereka khawatirkan, maka gua bisa ambil kesimpulan bahwa sebenarnya jin itu tidak jauh berbeda dengan manusia.

Jika mengacu kembali ke pernyataan bahwa manusia adalah mahluk sempurna karena dikarunia akal, dengan petunjuk mengenai kemampuan jin serta ditambahkan bahwa mereka tidak mempunyai akal maka apa yang kita dapatkan?

Apakah kita masih takut akan keberadaan mereka?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Categories

Archives

My Bookmarks

%d blogger menyukai ini: