Pribadi

Keyword yang Tidak Boleh Disebutkan: NgaduTrafik 2007

Posted on: 11 Juli 2007

Terus terang, gua bukan berpihak kepada penyelenggara atau peserta NgaduTrafik. Alasan gua ingin berkomentar adalah karena gua lihat bahwa ada beberapa blogger yang sok suci dan mencoba menjelaskan betapa sia-sianya kompetisi ini. Dan ingin mempertanyakan keabsahan laporan ke WordPress mengenai NgaduTrafik sehingga menyebabkan beberapa account di WordPress di-suspend.

Blogger sok suci yang gua maksud adalah blogger yang bilang bahwa blog itu haruslah diisi dengan sesuatu yang bermanfaat (atau konsisten). Gua pikir hal ini terlalu idealis. Blog menurut gua seh bisa jadi sebuah cerita apa saja. tidak harus bermanfaat, yang penting gua bisa menggambarkan apa yang di pikiran gua dengan kata-kata. Dan hal ini tidak perlu istilah konsistensi di dalamnya. Terus terang, definisi aktivitas blog ini juga versi gua, bisa jadi bakal berbeda bagi yang lain. jadi, boleh saja mendefinisikan aktivitas blog seidealis mungkin, hanya saja jangan merendahkan yang lain.

Ada lomba busana anak-anak. Ada lomba model anak-anak Ada lomba Akademi Fan****. Dan banyak lomba lainnya yang di mata gua kelihatan kagak ada manfaatnya dan sia-sia. Tapi kok banyak yang ikut serta? Betapa pun negatifnya pandangan gua terhadap aktivitas kompetisi itu, melihat antusias mereka yang ikut serta membuat gua berpikir dua kali untuk mengatakan bahwa ini akan menjadi aktivitas yang sia-sia. Karena mereka yang melakukan pasti memiliki sebuah atau lebih harapan. Karena gua kagak tertarik, ya gua kagak ngerti harapan mereka. Tapi setidaknya gua tidak menunjukkan sentimental gua untuk menghentikan aktivitas itu. Tapi kalo cuma bersuara seh tidak apa-apa.

Buat apa membuat blog lalu lantas dibuang? Membuat blog terus lantas dibuang memiliki banyak tujuan. Mungkin salah satunya menjadikannya sebagai sebuah percobaan tertentu yang hasilnya akan di-share. Atau sedang mencoba servis yang diberikan, apakah cocok atau tidak. Apapun itu, sudah menjadi hak seseorang untuk membuat sebuah blog lalu meninggalkannya, entah tujuannya bermanfaat atau tidak.

Gua kutip Terms of Service (TOS) dari WordPress:

the Content is not spam, and does not contain unethical or unwanted commercial content designed to drive traffic to third party sites or boost the search engine rankings of third party sites, or to further unlawful acts (such as phishing) or mislead recipients as to the source of the material (such as spoofing);

Ini bisa dilihat di bagian yang di-highlight biru. Dan bila menghubungkan dengan jawaban dari Nenda, sepertinya kok tidak nyambung yah dengan alasan Nenda yang mengatakan bahwa partisipan NgaduTrafik melakukan lomba SEO. Dan juga tidak menyambung dengan link-link justifikasi lainnya mengenai larangan lomba SEO yang terdapat dipostingannya.

Kenapa gua bilang kagak nyambung? Karena lomba SEO yang dimaksud di link-link narasumber Nenda serta TOS itu mengacu ke situs pihak ketiga yang memanfaatkan akun di WordPress untuk mengalihkan trafik ke situs pihak ketiga tersebut (atau membuat link sebanyak mungkin ke situs pihak ketiga tersebut) dan tentu saja spamming (tapi alasan melapornya bukan spamming loh). Sedangkan lomba SEO tersebut dilakukan dengan menggunakan servis WordPress sebagai blog yang akan dinilai dalam mesin pencari yang telah ditentukan. Dengan menggunakan blog dari WordPress, mereka harus membuat blog tersebut menjadi nomor satu di hasil mesin pencarian tertentu itu. Jadi, yang manakah yang disebut sebagai pihak ketiga?

Tehnik dasar SEO ini dijelaskan oleh Bung Priyadi. Dan tentu saja, beberapa trik yang diceritakan hanya bisa terwujud jikalau blognya benar-benar bisa dimodifikasi sesuka hati layaknya blog di layanan hosting sendiri (tapi WordPress pada dasarnya sangat SEO bangetlah). Hal ini sangat terbatas di layanan WordPress. Maka tantangan lomba ini semakin tinggi kualitasnya.

Gua ingin sekali meminta penjelasan kepada para pelapor, tolong jelaskan TOS atau aturan main mana yang membuat kalian melapor. Apakah karena kalian merasa dirugikan lalu melihat bahwa lomba ini suatu hal yang sia-sia serta mencoreng arti aktivitas blog dan ditambah beberapa simpati yang mengatakan bahwa penilaian kalian tidak salah sehingga kalian melaporkan bahwa lomba SEO ini melanggar TOS? Huehuehue, kalimat gua panjang benar yah.

Namun sepertinya penjelasan itu tidak akan gua dapatkan, mengingat peristiwa ini sudah termasuk kategori Archieve. Lagipula, untuk apa diperpanjang lagi.

Dan satu hal yang gua mau share tentang pengalaman gua dengan Yahoo! Mail. Mungkin hampir mirip dengan peristiwa ini, walau tidak berskala nasional. Gua dulu punya akun email di Yahoo. Seorang teman saya tidak mempunyai akun email di Yahoo (atau email gratis lainnya) bercerita bahwa untuk menghapus akun email seseorang di Yahoo itu sangat mudah. Cukup melaporkannya sebagai spammer maka akun email di Yahoo-nya bisa dihapus oleh Yahoo. Dan inilah alasan dia tidak menggunakan email gratisan. Karena tidak percaya, gua menantang dia untuk mencobanya di akun email gua. Dan dalam hitungan kurang dari sebulan email gua sudah di-suspend hanya karena laporan sepele bahwa email gua digunakan untuk aktivitas spam.

Jadi yang bisa gua ambil kesimpulan dari peristiwa ter-suspend-nya akun email Yahoo gua adalah di-suspend-nya sebuah akun email karena ada laporan bahwa email tersebut melakukan spam, bukanlah justifikasi bahwa yang dilaporkan itu benar adanya. Mungkin saja seperti film Bruce All Mighty yang saking malasnya mengklik “Yes to all”, sehingga ter-suspend-lah semua akun imel tersebut. Secara imel gua emang relatif baru. Dan cerita ini bisa jadi sama halnya dengan peristiwa NgaduTrafik tersebut.

Gua tau ini amat sangat BasBang sekali. Tapi karena hari ini kebetulan ada seorang teman yang menceritakan betapa hebohnya tragedi ini, saya jadi ingin mengomentari. Gua tau, ini udah terlalu basi. Tapi, dari pada tertahan di bibir🙂.

6 Tanggapan to "Keyword yang Tidak Boleh Disebutkan: NgaduTrafik 2007"

Blogger sok suci yang gua maksud adalah blogger yang bilang bahwa blog itu haruslah diisi dengan sesuatu yang bermanfaat (atau konsisten). Gua pikir hal ini terlalu idealis. Blog menurut gua seh bisa jadi sebuah cerita apa saja. tidak harus bermanfaat, yang penting gua bisa menggambarkan apa yang di pikiran gua dengan kata-kata. Dan hal ini tidak perlu istilah konsistensi di dalamnya. Terus terang, definisi aktivitas blog ini juga versi gua, bisa jadi bakal berbeda bagi yang lain. jadi, boleh saja mendefinisikan aktivitas blog seidealis mungkin, hanya saja jangan merendahkan yang lain.

hmm, kesulitan mempraktekkan nasehat dari diri sendiri? dalam satu paragraf lho, hehe.

@calupict
Yup gua dah baca. Hanya saja kalo emang gua mo ngotot bilang bahwa penjelasan itu sendiri adalah untuk studi kasus seperti:
Gua bikin blog di blogguebanget.com. Lalu gua buat banyak blog di WordPress untuk tujuan memberi link ke blogguebanget.com untuk menaikan ranking blogguebanget.com untuk keyword tertentu di search engine agar memenangkan lomba SEO. Nah, yang melanggar TOS atau keterangan dari Matt adalah blog-blog yang gua buat di WordPress untuk tujuan memberi link ke blogguebanget.com.

Sama nggak jika gua buat blog di WordPress dengan nama guebanget.wordpress.com. Lalu gua buat link dari segala tempat yang memungkin untuk memberikan linkback ke guebanget.wordpress.com. Dengan harapan guebanget.wordpress.com bisa naik ranking untuk keyword tertentu di search engine agar memenangkan lomba SEO.

@ryosaeba
Suci itu rendah yah?
Harusnya gua ngomong blogger sok kampungan kali yah..

dua versi kebenaran:
1. kebenaran ilahi
2. kebenaran versi pemenang

yang suci bisa dapet trophy surgawi, yang menang bisa dapet throphy dari masterseo

cheers

emangnya lu yakin, akun mereka di-suspend gara2 ada yang lapor? ahh.. udah males ngebahas ini. basi men..

*tercekat karena ternyata masih ada juga yang bahas*

Gua kagak membahas, hanya mencurahkan apa yang ada di kepala gua saat itu. Apakah itu salah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Categories

Archives

My Bookmarks

%d blogger menyukai ini: