Pribadi

Bingung Mengisi Blog dengan Tulisan Apa?

Posted on: 15 Juni 2007

Menulis atau membuat sebuah cerita merupakan sebuah keahlian yang tidak bisa dalam sekejap didapatkan (kecuali yg memang berbakat luar biasa). Namun bukan berarti sebuah keahlian yang tidak bisa dipelajari. Kalo menurut gua, menulis adalah sebuah keahlian yang harus sering diasah. Begitu banyak rumus bagaimana cara menulis yang baik, tapi kalo sense untuk menulis belum punya. Semua tehnik menulis itu akan sia-sia.

Jadi, kalo ingin bisa menulis sesuatu yang berarti (ini relatif loh), sesuatu yang bisa diakui oleh orang lain. Maka cara yang gua yakini adalah dengan berpegangan dengan ilmu statistik. Dari 10 tulisan yang kamu buat, gua percaya bahwa pasti ada 1 buah yang masuk kategori bermutu. Kalo masih belum ada yang bermutu, buat saja 100 tulisan. Minimal 1% akan ada yang akan jadi emas. Pesan yang gua maksud adalah berlatih sesering mungkin.

Saat kita kecil, karena baru pertama bisa menggambar atau menulis, apa saja yang ada di depan kita akan menjadi tempat menulis buat kita. Tidak aneh kalo sering ditemui anak kecil yang suka mencoret-coret tembok rumah. Animo pengalaman pertama menulis saat kita kecil merupakan sebuah euforia tersendiri. Gua pengen mengingatkan kembali nuansa saat kita semua masih kecil dulu. Saat pertama kali kita bisa menggambar, saat pertama kali kita bisa menulis nama kita. Dari situ, gua pengen kita semua mengingat semangat itu. Simpan itu, karena kita akan membutuhkannya nanti.

Kalo anak kecil mengekspresikannya dengan tembok dan sebagainya. Bagaimana untuk kita? Kagak perlu khawatir, salah satu alternatif yang bisa gua rekomendasin adalah blog!

Pertanyaannya adalah apa yang harus saya tulis di blog saya? Tulisan mengenai apa yang akan saya publish? Jawaban dari pertanyaan itu justru biasanya seperti berikut:

  • Kagak ada yang istimewa di kehidupan gua yang bisa gua ceritain.
  • Kagak ada yang istimewa dari semua hobi gua yang bisa gua tulis.
  • Kagak ada pengalaman yang gua bisa share.
  • kagak ada keahlian atau ilmu yang bisa gua bagi.
  • Dan sebagainya….

Pokoknya kagak ada deh yang bisa dijadiin sebagai tulisan di blog gua. Makanya gua bingung mau mengisi dengan apa?

Justru di situ lah letak hambatannya. Jangan berpikir, lakukan saja. Banyak yang bisa dijadikan stimulan tulisan seperti:

  • Apa yang ada dalam pikiran kamu sekarang, cobalah gambarkan dengan kata-kata.
  • Carilah hal sepele dalam kehidupan sehari-harimu dan uraikanlah dengan detail dalam blogmu, seperti yang dilakukan para MalesBangetDotCom dengan tutorial konyol mereka.
  • Apa hobimu saat ini, coba bagi pengalaman atau cerita mengenai hobi itu, apa yang membuatmu tertarik dengan hobi itu.

Intinya adalah hal-hal yang menarik bagimu dapat kamu jadikan sebuah tema artikel dalam blogmu. Kenapa harus yang menarik buat saya? Karena dengan membuat artikel yang berhubungan dengan apa yang kamu sukai, kesulitan seperti mencari informasi lebih dalam pada subyek akan menjadi lebih mudah. Karena tidak perlu tahapan untuk kamu mempelajari subyek tersebut, secara kamu sudah mengerti.

Namun apa yang menarik buat saya belum tentu menarik untuk orang lain? Itu tidak masalah. Hal terpenting adalah kamu mau memulainya. Tidak semua penulis menulis dengan sesuatu yang menarik buat orang lain. Tapi sebagian besar penulis besar memulai dengan tulisan yang menarik bagi mereka.

Bagaimana? Apakah masih bingung menulis blog dengan tulisan apa?

Jika iya, kenapa tidak mencoba mereview blog ini saja sebagai permulaan🙂

52 Tanggapan to "Bingung Mengisi Blog dengan Tulisan Apa?"

masalahnya, kita ga tahu informasi apa yang sebenarnya orang lain butuhkan. misalkan kita mengerti topik mengenai sepeda, tapi kita merasa topik tentang sepeda tidak menarik. padahal diluar sana banyak orang yang membutuhkan topik tentang sepeda.

menurut saya, lebih baik menulis apapun yang kita suka. apa saja. nanti lama-lama akan menemukan gaya kita sendiri.

Bener banget! Yang penting terbiasa menulis dulu. Jika sudah terbiasa, ada triknya tersendiri untuk mencoba memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain.

Akan dibahas ke bagian berikutnya, tunggu saja.

Dulu saat pertama buat blog, hanya sekedar buan fun-funan aja biar gak dibilang gatek, hehehe…
Seiring dengan semakin seringnya ngeblog, eh tau-tau jadi sering suka nulis, dan ide nulis tuh suka ngalir aja tiba-tiba, kapan saja dimana saja^_^
Salam kenal, maap aya tiba-tiba nyelonong tanpa permisi ngasih komen, gak papa ya^_^

salam kenal dulu ah..
selama ini saya juga bingung mo nulis apa karena di kepala udah banyak unek2 yg mo ditumpahin tapi takut nggak yg ngebaca pada gak suka karena tata bahasa yang berantakan, jadi masih taku mas..
terima kasih banget atas pencerahannya

Fi, ketemu kamu di wordpress nih. Ku add di blogroll-ku yach. Sorry comment-ku nggak nyambung. Buatku, yg penting nulis aja dulu dan nggak usah maksa. Kadang bisa 1/2 tahun lebih aku nggak nulis krn males

Na, tapi di blogroll mu namaku masih salah tuh. Komposisi huruf sudah benar, hanya susunannya saja yang meleset satu buah.

Lhutfhy Pribadi

Nah gitu dong Na, jangan blog di FS, susah untuk kasih komentar🙂 untuk yang blognya di luar FS.

Thanks.

Kekeke..(ketawanya Lutfhy). Sorry…abis mirip sih pronounciation-nya.Dah diganti kok

huehuehue Terima kasih Na!

asalahnya ada blog yg ngasih aturan klo ngeblog jgn asal2an misal

salam kenal

gimana cara edit/nambah blogroll ya ?
maklum..new comer

thanks

salam n sapa semua..maaf sy datang dengan kebodohan……….sy sungguh bingung ngisi blog, bukan soal nulis itu mah hobby, tapi bagaimana setting blog yang sekali dibuka layarnya tentang tulisan yang sy buat.selama ini ko cuma halaman teras sj, ga ada apa-apanya, padahal q dah nulis2 gtu, dah sy posting n dipublikasikan. gimana?adaka yang bisa bantu?suwun

halo nama aku handriyana
aku bingung gimana cara mengisi blog apa bila kita sudah mendaftar ku bingung gimana carannya tank

sebelumnya, salam kenal dulu yach… ^_^
sebenarnya saya sudah buat blog sejak 2 tahun lalau, tapi karena bingung mau nulis apa, jadinya jarang nulis dech..
Tapi makasi atas pencerahannya…
semoga tuk’ seterusnya bisa konsisten nulis…

makasih banget ya atas motivasinya…

adduch..

aq binun gmn cra ngisi blog aq..???

msak blog.na ksongan..

kand gag ceyu..

tp,cma aq bwt duwe2.an aja..

biar gag gaptek,hehe

klo d.tnya org kand bsa pke jwaban “aq puna blog”
😛

wadoww…

binun bgt neh.
gunain bLog ny.
makLum org awam neh..
hihihi

tolong dong beri penjelasan tentang pengaturan blog
maklum baru belajar

maksudnya giman caranya mengisi blog kita dengan tulisan2
kita, yang keluar gitu2 aza… plis ya…

yoi pak sama bingung nih…maklum baru buat blog…,lha wong emailnya aza nebeng sumi,he..he… oh ya ada yang bisa nolong engga, dakyu lupa bgm crnya nulis di blog ku

hahaha

sama…

sangat bingung dalam menulis isi blog…

karena kadang2 ketika jarikita sudah dikeyboard, lgsg blang…

haha

bener bro, padahal semua sudah saya siapkan mulai dari gambar dan alamat url yang ada, tapi begitu di depan komputer jadi hang😦, gak tahu napa, sepertinya ada aja yang kurang.

Kurang PD kali ya

Saya coba lagi aja deh ntar kalo ada waktu

Btw thanks atas tips-tips nya buat ngisi blog.

menulis sih saya kira susah-susah gampang, bila dia punya bakat menulis ya… akan terasa gampang, dan apabilah bakatnya pas-passan ya.. mesti mempunyai ketekunan untuk belajar yang kuat. thanks, blogwalking in the afternoon …

ya nich masih sibuk dengan namanya nulis dan ngisi, jangan diambil pusing karena selama kita punya keinginan pastinya kita akan bisa untuk merealisasikannya
thank banget atas sarannya
asslam……..

mkszih sarannya,,,,
thx alot,
sy baru bkin blog,,

.quw mci bgung mO ngsi bLog q ap..
.tktx tar tLsnq brantkn.
.Lgyn quw jg gag pux idE segar nE..
.mindEr jg c..
.pdhl kyke nge-bLogg 2 asyigg bgd.

.quw mci bgung mO ngsi bLog q ap..
.tktx tar tLsnq brantkn.
.Lgyn quw jg gag pux idE segar nE..
.mindEr jg c..
.pdhl kyke nge-bLogg 2 asyigg bgd..

binggung gimana caranya ngisi2 artikel…
baru buat niyyy, aduwwww….. ajari donk

sebelumnya lam kenal yap….
sebenarnya saya br bikin blog, tapi sekarang sy jd bingung mau ngisi apa, mo ngisi informasi2 apa jg g th. tdinya sebelum mempromosikan blog, sy ingin mengisi blog terlebih dahulu tp malah jadi bingung, tlong ya beri penjelasannya tentang mengisi dan mempromosikan blog, maklum ne baru pemula…., he………

aku bingung mau ngisi blogku..
mau di isi apa ya..?

ya aq juga bingung mo ngisi blog pake apa,tapi tetep cemangat aja ya

aq baru pertama kali nih,jadi disamping bingung cara nulisnya juga bingung cara mengisi atau menghiasi blog dengan foto atauun artikel lainnya supaya menarik..thank atas saran-sarannya.

kalau mau ngisi blog ,lebih baik diisi dengan artikel yang sekarang lagi populer seperti tentang sulap . khan akhir2 ini sulap ntu lagi trend

Ya, saya sendiri masi bingung mau di isi apa blog baru saya, bloggebo.com padahal beli domain .com itu udah rp 95.000 huft….

Http:bloggebo.com

ksh comen dong,,,, q ru blog nie,,,, v, g tw gmn ngisi or apalah yg lainnya itu,,,,

Iya, mas bingung banget mau nulusnya apaan, mau nulisitu takut salah, ntar dicegal lagi, tapi saya akan trus mengingat pesan mas.. oh ya, boleh kan ceritanya mas saya copy, makasih yah…

makasih bos infonya..
cuma ntr kl ud bingung dan otak mengalami sindrom “susahmikir” ntr blog kita kliatan cm kayak diary biasa..
apa itu tergantung pinter2nya kita nulis ya?!?!
nah kl buat orang yg susah dlm menulis trs gmn?!?!?

iya nech……mkacih bgt atas tipsnya……
tp…..sy msh bingung bwt cara memposting artikel yg sy buat k blog wordpress saya…..mhon bantuan n bimbingannya donkz…………..cz msh br bwt blog…………
trimS………

aq BiNguNg Nich…!

gmna cranya NgiSi BLoG cOz AQ gag TeU Nich….

prtmaNya iTyu LuW….gMn???????

mw tnya nie,gmn cra nya mengisi blog

salam kenal , iya nich saya juga bingung harus mulai dari mana, tolong info kan dong, trims sebelumnya

salam, ide itu memang susah saya juga bingung mo di isi apa

betoel ‘Gan. Kalo lagee males nulis blog, aku biasanya mulai ngetikkin, dg kata2 ‘pelatuk’, *Lagi males banget hari ini… karena ABC… dst * na ntar jadi crita ttg kerjaan atau aktivitas hari ini.

Ujung2nya, kata2 pelatuk nggak jadi di pake, wong lantas crita yg lain qe3 salam dari Kebayoran. inunggunarba.wordpress.com

info nya bagus, saya suka. mampir ke blog sederhana saya kalo sempat. thnks b4
http://share-my-link.blogspot.com

hii ..
salam kenal ..

sebenerny ..
saya bru buat blog hari ini (29-05-2010) ..

tpi saya nggak tau mau ngisi apa buat blog saya ..

bingung sendiri ..
tolong kasih masukkan ya ..
thx ..

Inilah misteri yg ampe skarang blom bsa aku pcah’kn…moga dg artikel yg ini, dapt mmbantu kndisi saya skrang ini yg bngung mo’ nulis apa” D’blog??
Oh iya, Slm knl shobt..??

Wadah, jadi malu nih juragan. Yg bikin tulisan jg sempet malas dan menelantarkan blog nya hampir setahun lebih wkwkwk ee

tau nihh w bingung banget nulis di blog gmana ya<<<<maaf ni pertanyaan umum,,,,he,,he,,,

Baru tadi malem kepikiran, pengen ngisi Blog, tapi ngisi apa ya? Eh, hari ini baca artikel yang berkaitan dengan kebingunganku. Jadi termotivasi nich untuk belajar nulis..

salam kenal,masalahnya banyak yang sama dengan saya.saya orang yang baru belajar nge-blog.saya bingung bgt gmn ngisinya yah…teman2 sekalian minta tlg ajarin caranya ngisi blog

aduh bagaimananya cara mengisis cerita di blogspot?

trims ia infonya ,.. cukup berguna🙂

Tinggalkan Balasan

Categories

Archives

My Bookmarks

