Pribadi

Sidang Sidang Sidang!

Posted on: 30 Januari 2006

Akhirnya, gua jadi daftar sidang juga. Wuah! Lega rasanya, walau tau bahwa ini bukanlah akhir dari perjuangan. Tapi, setidaknya bisa membuat senang dan menambah motivasi.

Emang bener kata orang (khusus buat orang Indonesia kali yah), kalo udah terdesak, kekuatan yang kadang kagak logik bisa muncul. Nah, ini neh yang gua kagak abis pikir. Dulu waktu gua berusaha buat perangkat lunaknya, asli deh….susahnya minta ampun. Bukan karena perangkat lunaknya yang susah, tapi guanya yang susah untuk memulai. Belum ada motivasi, belum ada pencerahan, belum ada apalah yang pokoknya selalu ada aja yang dijadikan alasan untuk tidak mengerjakan.

Insya Allah, kalo gua review lagi…ini beberapa alasan yang bikin gua jadi males ngerjain:

  • males belajar Java, padahal softwarenya pake Java.
  • males belajar .Net, padahal softwarenya pake .NET.
  • API-nya belum pada jadi, jadi mending nunggu aja daripada bikin sendiri. Padahal sudah ada, cuman males baca tutorialnya aja.
  • Konsep tujuan TA gua masih kagak jelas, cari-cari referensi dulu ah. Padahal referensi udah ampe lebih dari 200 MB, mo apalagi…cuman males baca aja seh, seneng downloadnya aja.
  • Koridor TA gua kagak spesifik, padahal dah dah ada dibuku loh (setelah gua baca seh).
  • Jarang bimbingan, jadi males bimbingan.
  • Males neh, abis kerja pengennya tidur, kagak ada waktu buat ngerjain.
  • Ada nilai mata kuliah yang belum beres.
  • Kagak ada yang bisa diajak diskusi.
  • dan lain-lain

Yah begitu lah. Setiap mau ngerjain, alasan-alasan itu udah langsung muncul di pikiran, menghambat diriku untuk maju. Apa karena gua kepinteran yah?? Hehehe…kepinteran cari alasan. Dulu gua selalu berpikir, mo gimana lagi?

Tapi, setelah hari itu, seminggu yang lalu. Dorongan untuk mendaftar sidang semakin menggaung di telinga. Beeeuuhh! Asli deh stressnya neh. Kagak sempet untuk mencari alasan lagi, gua mulai deh ngerjain dari nol! Hasilnya…

Alhamdulillah, dalam waktu seminggu itu, gua bisa memenuhi syarat-syarat untuk sidang dan distujui untuk daftar sidang. Jadi deh gua daftar sidang. Namun rasanya aneh, sesuatu yang telah tertunda lebih dari 2 tahun…bisa dikerjakan dalam waktu seminggu. Inilah yang gua masih bingung. Apakah selama ini cara berpikirku salah?? Apakah cara memandangku terhadap permasalahan salah??

Are you here with solution, or just another part of problem?
— Caselogic

Gua jadi inget ama tulisan Deri yang di papan tulis Common Lab saat kita masih bertugas. Selama ini yang gua lakukan sepertinya selalu berpikir apakah yang menjadi masalah. Ataukah…

Kadang juga ada kebiasaan buruk yang masih belum bisa diatasi, kesenangan. Man of entertainment. Kalo kagak ada hiburan, sepertinya hidup ini tidak bergairah. Yah, ini juga kebiasaan yang menghambat perkembangan pola pikir. Karena sudah lama terbius oleh hiburan, akhirnya untuk melakukan sesuatu yang besar, tidak bisa menunda sebuah kesenangan. Kata mereka seh, tidak bisa mengatur prioritas.

Tapi sekarang ku sedang dalam pertempuran. Pertempuran yang tidak bisa kuhindari lagi. Semoga di pertempuran ini… kerikil atau bahkan debu ini bisa berubah menjadi berlian yang berharga.
Buat temen-temen yang dalam satu perjuangan, tanggal pendaftaran ditambah. Pendaftaran Sidang Khusus dibuka sampai 13 Februari 2006. Jadi yang belum daftar, buruan daftar!

Tips buat yang sedang mengerjakan TA:

Kadang kita berpikir bahwa saat mengerjakan TA, kita butuh suasana yang tenang sehingga kita bisa konsentrasi. Kalo gua pikir, kurang bener juga seh. Justru yang dibutuhin adalah sebuah lingkungan kondusif yang selalu bisa menjadi motivasi dalam mengerjakan. Menurut gua seh, dari pada ngerjain TA sendirian, mendingan ngerjain di tempat tempat temen yang lagi ngerjain TA juga. Walau banyak ngobrol ama ketawanya (makasih SkyFM), ngerjain bersama lebih cepat dibanding ngerjain sendiri. Atmosfirnya beda seh.

Dan saat ngerjain TA, jangan mengalah terhadap alasan dan kondisi ato mood kamu. Pokoknya kerjain dulu. Mau ada ide atau ngga, kerjain aja. Nanti semuanya seolah mengalir dalam piikiran kamu. Yah seperti ketika kita menulis sebuah cerita…susah untuk memulai, tetapi ketika sudah memulai…susah untuk berhenti.

Jangan sekali-kali untuk mengerjakan hal lain seperti, nonton film, maen game, tinggalin jalan-jalan, tunda baca komik dan hal lainnya yang kagak berhubungan ama TA lo! Tunda dulu, nanti kalo dah lulus baru lo puas-puasin deh!

Lhutfhy, Cah YOOOOO!! Dan buat:

  • Firza
  • Helmy
  • Siska
  • Tafta
  • Acun
  • Daru
  • Oki (Bali)
  • Ade Sondari
  • Upi (kecil)
  • Arief
  • Cholis
  • Puput

Semoga berhasil! Mari wisuda Maret 2006! AMIN!!!

Technorati Tags: , , , , , ,

2 Tanggapan to "Sidang Sidang Sidang!"

hi. which language is this?

indonesian language pras…
wow it’s very right… i agree wit u
hahahaha emang tu fakta yang bener2 ada di dunia ini
gw ngerasa begtu asli kok bsa sama sih ^.^!
kebetulan juga gw lage TA menyangkut ASP.NET
kerjaannya download ampe lebih dari 100MB tuh e-book
cuman masalahnya males bacanya *inggris tea*
huauhauhahua help mee!!! thx 4 u tips …

Tinggalkan Balasan

Categories

Archives

My Bookmarks

