Pribadi

Communicate Real Time, Baby!

Posted on: 5 Januari 2006

Wow….
Ada yang baru neh. Ekstensi baru buat Firefox yang memungkinkan Kita ber-chatting ria bersama user lain yang sedang mengunjungi situs yang sama dengan kita (??). Salah satu implementasi dari teknologi AJAX yang mantav.

This is a great new Firefox extension that will let you chat directly within Firefox with other people who are visiting the same website you are. Chat with other digg.com users while you are busy digging stories! Great use of an AJAX extension to let you chat with people who like the same sites you do. :: FatDreek ::

Kelebihan dari ekstensi QuickChat v.0.1 adalah web-base communication yang real-time. Dengan penggunaan AJAX, browser tidak akan mengalami “flicker” seperti webchat pada umumnya. “Flicker” terjadi karena ketika proses pengiriman POST/GET pada server browser melakukan loading halaman yang membutuhkan waktu. Dengan kata lain, ekstensi ini memiliki keunggulan seperti pada inbox di GMail. Pernah masuk ke inbox GMail bukan? Nah, QuickChat v.0.1 kurang lebih seperti itu. Contoh lainnya adalah Meebo, web-base messenger.

Kelebihan QuickChat v.0.1 lainnya yang membuat ekstensi ini berbeda dengan sistem chat lainnya adalah sistem komunikasi yang memungkinkan user yang sedang berkunjung pada sebuah situs dapat saling berkomunikasi dengan user lain yang juga berada pada situs yang sama. Maksudnya? Jika seandainya saya sedang membaca artikel/berita pada detikcom (pada situs ini tidak ada sistem chat-nya). Dengan menggunakan ekstensi ini, saya bisa membuka sesi chat pada situs tersebut. Dan jika Anda kebetulan membuka situs detikcom dan juga mengaktifkan ekstensi ini, maka kita bisa melakukan chating bersama. Kalo diIRC biasanya disebut room/channel, pada QuickChat v.0.1 mungkin bisa dibilang situs yang kita kunjungi adalah channel/room tersebut.

Bisa dibayangkan kan? Kita bisa langsung berdiskusi dengan orang yang sedang membaca artikel yang sama dengan kita, sehingga kita bisa langsung berdiskusi bersama mereka mengenai artikel tersebut. Wow!! Browsing level…Up! So, kamu pakai QuickChat v.0.1 juga kan?

1 Response to "Communicate Real Time, Baby!"

Oia, lupa ngasih tau… QuickChat versi sekarang cuma bisa untuk Firefox versi 1.0 – 1.5.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Categories

Archives

My Bookmarks

%d blogger menyukai ini: